Beranda > PKn > Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Hubungan Internasional di Era Globalisasi

Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Hubungan Internasional di Era Globalisasi

Politik Luar Negeri Indonesia dilaksanakan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Pembukaan UUD 1945 khususnya alinea II dan IV menegaskan bahwa Negara Indonesia sebagai Negara yang merdeka dan berdaulat berhak menentukan nasibnya sendiri serta berhak mengatur hubungan kerja sama dengan Negara lain. Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia terdapat dalam UU No. 37 tahun 1999 Pasal 1 ayat (2) tentang hubungan luar negeri yang menjelaskan bahwa Politik Luar Negeri Indonesia adalah “Kebijakan, sikap, dan langkah pemerintah RI yang diambil dalam melakukan hubungan dengan Negara lain. Organisasi Internasional dan subyek hukum Internasional lainnya dalam rangka menghadapi masalah Internasional guna mencapai tujuan Nasional”.

Prinsip Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Bebas berarti “Bebas menentukan sikap dan pandangan terhadap masalah-masalah Internasional dan terlepas dari kekuatan raksasa dunia”.

Aktif berarti “Ikut memberikan sumbangan baik dalam bentuk pemikiran maupun menyelesaikan bebagai konflik dan permasalahan dunia”. Aktif menunjukkan adanya kewajiban pemerintah menunaikan instruksi UUD 1945 untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Dasar pelaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia antara lain:

  1. Menjalankan politik damai
  2. Sahabat dengan segala bangsa
  3. Saling menghormati dan tidak mencampuri urusan dalam negara lain
  4. Terus berusaha ikut mewujudkan keadilan sosial Internasional dengan berpedoman pada Piagam PBB

Tujuan Politik Luar Negeri Indonesia yang bebas dan aktif menurut Drs. Muh. Hatta:

  1. Mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan menjaga keselamatan Negara
  2. Memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat apabila barang tersebut belum bias doproduksi di dalam negeri
  3. Meningkatkan perdamaian Internasional karena hanya daam keadaan damai, Indonesia dapat membangun dan memperoleh syarat-syarat yang diperlukan untuk memperbesar kemakmuran rakyat
  4. Meningkatkan kemakmuran segala bangsa sebagai pelaksanaan cita-cita yang tersimpul di dalam Pncasila sebagai dasar falsafah Negara RI.

Pengaruh Globalisasi tidak akan menyurutkan bangsa Indonesia dalam urusan perdamaian dunia. Di era globaisasi adanya ketidakseimbangan hubungan antara Negara-negara berkembang dengan negara-negara maju.

Beberapa Permasalahan di Indonesia:

Perdagangan, kejahatan lintas batas (terorisme, pencuci uang, korupsi, penyelundupan orang), krisis ekonomi yang berkepanjangan, HAM, TKI, dll.

Indonesia dalam globalisasi:

1.  Meningkatnya peranan Indonesia dalam hubungan Internasional dalam menciptakan perdamaian dunia, serta pulihnya citra Indonesia dan kepercayaan masyarakat Internasional, mendorong terciptanya tatanan dan kerja sama ekonomi regional dan Internasional yang lebih baik dalam mendukung pembangunan Nasional merupakan sasaran dalam hubungan Internasional di era globalisasi bagi negara Indonesia.

2.  Arah kebijakan dalam pemantapan Politik Luar Negeri dan peningkatan kerja sama Internasional dijabarkan dalam program-program pembangunan.

3.  Program pemantapan Politik Luar Negeri dan optimalisasi Diplomasi Indonesia.

Tujuan: “Meningkatkan kapasitas dan kinerja politik luar negeri dalam memberikan kontribusi bagi proses demokralisasi, stabilitas politik, dan persatuan Nasional dan lebih memperkuat kinerja Diplomasi Indonesia”.

4.  Program peningkatan kerja sama Internasional.

Tujuan: “Memanfaatkan secara lebih optimal yang ada pada forum-forum kerja sama Internasional terutama melalui kerja sama ASEAN, APEC, dan kerja sama multilateral lainnya dan antara negara-negara yang memiliki kepentingan yang sejalan dengan Indonesia”.

5.  Program Penegasan Komitmen Perdamaian Dunia

Tujuan: “Menegaskan komitmen Indonesia terhadap perlakuan dan perumusan aturan-aturan serta hokum Internasional, mempertahankan pentingnya prinsip-prinsip multilateralisme dalam hubungan Internasional derta menentang unilateralisme, agresi, dan penggunaan segalabentuk kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan Internasional”.

About these ads
Kategori:PKn Tag:,
  1. 4 Juni 2010 pukul 10:07 AM

    makasih banget yah….
    keren habis dech

  2. albertus
    26 Agustus 2010 pukul 4:28 PM

    wah kurang komplit gung aku takon apa hubungan indonesia dengan negara lain

  3. hanum
    2 November 2010 pukul 9:35 AM

    makasih udah membantu

  4. ashla
    7 Februari 2011 pukul 3:38 AM

    makasih yaaa atas infonya.

  5. m ilham
    7 Februari 2011 pukul 4:44 PM

    saya mencari era globalisasi

  6. 8 Februari 2011 pukul 8:11 PM

    wahhh…..hebat nih semua yg aku cari ada semua

  7. 8 Februari 2011 pukul 8:14 PM

    yyyyyyyyyyyyyyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeesssssssssssss………………………………….

  8. 15 Februari 2011 pukul 7:06 PM

    makccie iia arikel.a sngat mmbntu qw,.,.,

  9. octha
    17 Februari 2011 pukul 2:04 PM

    bagus…..

  10. 23 Februari 2011 pukul 4:15 PM

    terima kasihh… atas penjelasannya… ,semoga berguna untuk semua orang …. !!!!!!

  11. 25 Maret 2011 pukul 6:49 PM

    bagus I Like it !!!!!!!

  12. narni
    27 Mei 2011 pukul 12:52 PM

    kalo peranan politik di Indonesia sendiri ap yaa ??
    mohon bantuannya.

  13. 13 September 2011 pukul 7:45 AM

    kurang banyak nee infonya ,, kirim lebih bnyak lagi yahh !!!

  14. 24 Oktober 2011 pukul 10:05 PM

    gimana dengan hubungan Indonesia dengan Timor leste..Tolongin yach…!!

  15. 3 Januari 2012 pukul 8:39 PM

    WOW , BAGUS…. BAGUS…..BAGUS…..

  16. 22 Januari 2012 pukul 5:26 PM

    Makasih atas informasinya ^^

  17. laila
    7 Februari 2012 pukul 6:39 PM

    mkasch yah… infonya membantu bnget……..

  18. 12 Februari 2012 pukul 7:38 PM

    oh yea

  19. antie
    21 Februari 2012 pukul 1:16 PM

    Boleh tau ini sumbernya dari mana?
    thx b4.

  20. fani
    23 Februari 2012 pukul 8:34 PM

    kurang lengkap ahh ..
    tapi makasih ya ..

  21. refa
    2 Maret 2012 pukul 10:02 AM

    tolong “pengaruh politik luar negeri terhadap hub.internasional” ya

  22. 6 Maret 2012 pukul 5:37 PM

    Saya sangat setuju kalau indonesia melakukan hubungan internasional agar indonesia bisa maju

  23. fitri
    8 Maret 2012 pukul 9:26 PM

    thankssssssssssssssss

  24. tabitha anne
    23 Maret 2012 pukul 9:47 AM

    thanks!

  25. tabitha anne
    23 Maret 2012 pukul 9:48 AM

    bagiku singkat tpi enk cepet di hafal & bsa di ringkas;)

  26. eda
    15 April 2012 pukul 11:25 AM

    makasih,,sdh membantu

  27. gue
    6 Januari 2013 pukul 11:36 AM

    tlg tulis globalisasi yg sdh trjd di indonesia dlm bdg politik, ekonomi, sos-bud, lingkungan hidup dan HANKAM :) thank’s

  28. notie
    6 Januari 2013 pukul 11:39 AM

    krg lengkap !! damn

  29. uti
    6 Januari 2013 pukul 11:40 AM

    thankssssssssssssss :*

  30. ali moehammad
    14 Januari 2013 pukul 9:14 PM

    thank for the informations

  31. 27 Januari 2013 pukul 9:47 PM

    mantap

  32. 30 Januari 2013 pukul 2:57 PM

    Bagussss…. Cocok untuk di baca

  33. Bose Christensen
    4 Februari 2013 pukul 8:03 PM

    ty, lengkap tuh bagus thx ya…

  34. VYNDI
    5 Februari 2013 pukul 7:54 PM

    contoh peran indonesia dalam hubungan internasional di era globalisasi tuch apa ch???????

  35. cucun
    5 Februari 2013 pukul 7:55 PM

    bagus bngtttttttttttttttttttttttttttt

  36. rasi putri kurniawati
    7 Februari 2013 pukul 7:58 PM

    trima kasih banget . . . . .
    karna berguna buwat aku
    dan . . . . .
    buat semua warga indonesia . . . . .
    tapi . . .
    kalo bisa di tambahin lebih bagus. . . . .

  37. Hayin Rosdiana
    16 Februari 2013 pukul 3:12 PM

    akhirnya ketemu juga…
    lumayan lengkap …
    izin copas ..
    makasih

  38. abim
    18 Februari 2013 pukul 8:08 PM

    ijin copas,, (y)

  39. anjing
    26 Maret 2013 pukul 9:13 PM

    taek kau

  40. anjing
    26 Maret 2013 pukul 9:14 PM

    tilllanthem

  41. 10 Juli 2013 pukul 5:52 PM

    I’m really loving the theme/design of your website. Do you ever run into any internet browser compatibility problems? A couple of my blog audience have complained about my site not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any tips to help fix this problem?

  42. 6 Agustus 2013 pukul 11:12 PM

    A fascinating discussion is definitely worth comment.
    I do believe that you need to publish more on this subject, it might not be a taboo matter but generally folks don’t talk about these subjects. To the next! Best wishes!!

  43. hamdy
    16 Februari 2014 pukul 1:31 PM

    thanks untuk infonya

  1. 3 November 2012 pukul 10:29 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: