Beranda > Fiqih > Gadai dan Jaminan

Gadai dan Jaminan

Gadai

Gadai menurut bahasa artinya “Tetap atau bertahan”. Adapun menurut istilah Fiqih, Gadai berarti “Menyerahkan suatu barang kepada orang lain sebagai jaminan utangnya”. Apabila utangnya sudah dilunasi, maka barang tersebut dapat diambil kembali. Sebaliknya, apabila sampai batas waktu yang ditentukan tidak terbayar utagnya, maka yang menerima jaminan atau gadai dapat menjadikan barang itu sebagai pembayaran utangnya dengan jalan menjual, dan kelebihan harganya dikembalikan kepada orang yang berhutang. Hukum asal gadai adalah mubah atau Jaiz. Allah SWT. berfirman yang artinya:

“Jika kamu dalam perjalanan (dan bermuamalah tidak secara tunai) sedang kamu tidak memperoleh seorang penulis, hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang (oleh yang berpiutang). Akan tetapi, jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (utangnya) san hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya…..” (Q.S. Al-Baqarah: 283)

Jaminan (Borg)

Bagaimana seseorang bias mempercayai orang lain dalam urusan utang-piutang? Urusan utang-piutang lebih sering melibatkan Jaminan (berupa barang) sebagai penguat kepercayaan. Biasanya, lembaga-lembaga keuangan memerlukan jaminan dalam urusan utang-piutang.

Jadi, Jaminan adalah “Penyerahhan suatu barang dari peminjam kepada yang meminjamkan sebagai penguat kepercayaan dalam utang-piutang”. Barang jaminan boleh diambil pemiliknya apabila utangnya sudah dilunasi. Boleh juga barang tersebut dijual kepada yang member utang dengan harga yang wajar.

Hukum dasar jaminan (Borg) adalah mubah, dengan dasar hokum firman Allah SWT. surah Al-Baqarah ayat 283.

About these ads
Kategori:Fiqih Tag:,
  1. Tajuddin
    25 April 2010 pukul 2:40 PM

    Makasih atas infox. Pas banget nih, kebetulan sy lg nyari hukum utang piutang dgn jaminan suatu barang. (^_^)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: