Beranda > IPS Geografi > Negara Malaysia

Negara Malaysia

A.  Letak, Luas, dan Batas

Wilayah Negara Malaysia terdiri dari 2 bagian, yaitu Malaysia barat yang terletak di Semenanjung Malaysia & Malaysia timur yang terletak di Pulau Kalimantan bagian utara. Wilayah Malaysia barat terdiri dari 11 negara bagian, yaitu Johor, Malaka, Negeri Sembilan, Selangor, Pahang, Trengganu, Kelantan, Penang, Kedah, dan Perlis. Wilayah Malaysia Timur terdiri dari 2 negara bagian, yaitu Sabah, dan Serawak.

Secara Astronomis, wilayah Malaysia terletak diantara:

1o LU- 7oLU dan 100oBT- 119oBT.

Luas seluruh wilayah Malaysia sekitar 333.647 km2.

Batas-batas wilayah Malaysia adalah:

-  Sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Thailand

-  Sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulu dan Sulawesi

-  Sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Selat Malaka

-  Sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka dan Pulau Sumatra

B.  Bentang Alam

1.  Malaysia Barat

Malaysia Barat pada bagian tengah didominasi oleh pegunungan rendah, dengan puncak tertingginya Gunung Tahan (2.187 m). Nama-nama gunung lain di Malaysia bagian barat antara lain Gunung Belumut, bukit ulu Halo, dan Gunung Noring. Di Malaysia bagian barat juga terdapat dataran rendah, yaitu dataran rendah Selangor Barat, dataran Johor selatan, dataran Pahang timur, dan dataran Kelantang bagian timur laut. Sedangkan beberapa sungai di Malaysia bagian barat antara lain sungai Pahang, sungai Kelantan, sungai Perak, dan sungai Terengganu.

2.  Malaysia Timur

Malaysia Timur sebagian besar berupa pegunungan yang merupakan rangkaian atau bagian dari pegunungan Sirkum Pasifik dengan puncak teritinggi Gunung Kinabalu (4.175 m). Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai utara dan pantai barat. Sungai utama di Malaysia Timur antara lain Sungai Kinabatangan, Sungai Rajang, Sungai Baram, dan Sungai Kemena

C.  Keadaan Iklim

Berdasarkan letak astronomis, kondisi alam seluruh wilayah Malaysia beriklim Laut tropis dengan curah hujan yang tinggi, yaitu sekitar 2.500-5.000 m per tahun. Pada bulan Oktober-Maret bertiup angin musim timur laut yang banyak mengandung uap air yang melewati Malaysia sehingga wilayah tersebut mengalami musim hujan. Sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April-September.

D.  Keadaan Penduduk

Sebagina besar penduduk Malaysia adalah orang Melayu, selain itu juga terdapat orang Cina, India, Pakistan, dan sedikit orang Eropa. Penduduk asli Malaysia adalah suku bangsa Semang dan Sakai yang hidup di pegunungan. Penduduk di Serawak terdiri atas orang Dayak Pesisir (Iban), Cina, dan Dayak Pedalaman, sedangkan penduduk Sabah terdiri dari orang kadasan, Cina, dan Bajau.

Agama Islam merupakan agama resmi Malaysia, yang dianut oleh sebagian besar penduduknya. Agama lain yang terdapat di Malaysia yaitu agama Konghucu terutama dianut oleh orang Cina dan agama Hindu dianut oleh orang India.

E.  Perekonomian

Struktur perekonomian Malaysia adalah Agraris. Hasil utama pertanian adalah Padi yang menjadi makanan pokok penduduknya. Hasil perkebunan yang diekspor adalah Karet (No.1 di Dunia), minyak bumi, bauksit, bijih besi, dan tembaga. Sektor industry di Malaysia sudah cukup maju. Beberapa contohnya, yaitu Industri Bahan Makanan, alat rumah tangga, elektronika, dan perakitan kendaraan bermotor. Daerah industri terbesar di Malaysia terdapat di Petaling Jaya dan Syah Alam.

F.  Bentuk Pemerintahan

Malaysia didirikan pada tanggal 16 September 1963, dengan bentuk pemerintahan Kerajaan Konstitusional, sedangkan bentuk negaranya adalah Negara Serikat. Kepala Negara dijabat oleh seorang Raja, yang bergelar “Yang Dipertuan Agung”. Dipilih setiap 5 tahun sekali bersama dengan kesembilan sultan yang ada. Kepala Pemerintahannya dijabat oleh Perdana Menteri. Malaysia terdiri atas Sembilan kesultanan yang dipimpin oleh Sultan dan 4 Negara Bagian yang dipimpin oleh Gubernur yang bergelar ”Yang Dipertuan Negeri”. Ibu Kota Negara Malaysia adalah Kuala Lumpur yang terletak di Negara bagian Selangor.

About these ads
Kategori:IPS Geografi Tag:
  1. nadia safira
    27 Juli 2010 pukul 3:26 PM | #1

    maaf bisa nggak tolong perinci lagi tentang malaysia,dan kalau boleh thailandnya sekalian
    terima kasih sebelumnya dan nice 2 meet you

  2. Dzul
    5 Januari 2011 pukul 3:24 PM | #3

    maaf boleh saya minta profil seluruh anggota ASEAN ??

  3. 12 September 2013 pukul 7:11 PM | #4

    sangat cukup

  4. Mariss
    20 Januari 2014 pukul 5:34 PM | #5

    Itu iklimnya “Sebagina” itu maksutnya apa?

  5. 2 Februari 2014 pukul 9:09 PM | #6

    nadia safira :
    maaf bisa nggak tolong perinci lagi tentang malaysia,dan kalau boleh thailandnya sekalian
    terima kasih sebelumnya dan nice 2 meet you

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: