Beranda > Astronomi > Apakah Luar Angkasa Itu?

Apakah Luar Angkasa Itu?

Luar Angkasa adalah, “Segala sesuatu yang ada di alam semesta yang berada di luar atmosfer Bumi.” Dengan melihat langit malam, ruang angkasa terlihat penuh dengan bintang. Namun demikian, jarak antar bintang tidak terbayangkan jauhnya dan hampir tidak ada satupun yang terlihat diantaranya kecuali gumpalan debu-debu bintang. Sebagian besar ruang angkasa adalah ruang hampa yang sangat luas, yang entah bagaimana bisa dinamakan “Ruang Angkasa”. Tidak seorang pun tahu berapa luas Ruang Angkasa, dan sebagian besar sangat jauh untuk dilihat, tetapi dengan menggunakan teknologi modern para astronom menemukan lebih banyak lagi benda langit.

1. Skala Alam Semesta

Apa yang dapat kita lihat dari ruang angkasa hanyalah sebagian kecil dari apa yang ada di sana. Dengan teleskop kuat, kumpulan cahaya terang dari bintang-bintang atau galaksi yang disebut “Kuasar” dapat dilihat dari jarak 13 miliar tahun cahaya. Sehingga bila jarak kuasar dari segala arah jauhnya sama, maka garis tengah alam semesta paling tidak sepanjang 26 miliar tahun cahaya. Cahaya dari beberapa bintang, mungkin jauhnya ribuan bahkan jutaan tahun cahaya, ketika dilihat melalui teleskop.

2. Awan di Ruang Angkasa

Pada malam yang cerah, teleskop yang kuat mampu menangkap beberapa berkas cahaya redup dan samar diantara bintang-bintang. Beberapa di antaranya adalah galaksi yang jauh, tetapi lainnya adalah awan-awan raksasa di ruang angkasa yang disebut “Nebulae” (tunggal disebut Nebula). Nebula adalah “Awan yang berisi debu dan gas”. Nebula Kepiting adalah sisa bintang raksasa yang meledak pada tahun 1054. Bintang-bintang lahir di dalam beberapa nebula, saat debu dan gas dalam awan ditarik menyatu oleh gravitasi.

3. Mengukur dengan Cahaya

Cahaya bergerak dengan lebih cepat dari apapun yang ada di alam semesta, mendekati 300.000 km/detik. Para astronom menggunakan banyak teknik untuk memperkirakan jarak bintang atau yang lain. Mereka mengukur jarak dengan satuan tahun cahaya, bukan dengan satuan kilometer. Satu tahun cahaya adalah “Jarak lintasan cahaya dalam satu tahun (sekitar 9,5 triliun km). Para astronom kadang-kadang mengukur jarak dengan satuan Parsek. Satu Parsek adalah 3,26 tahun cahaya.

4. Lubang Istimewa

Salah satu penemuan dari luar angkasa yang paling mengejutkan pada abad terakhir ini adalah keberadaan Lubang Hitam. Lubang Hitam adalah “Sebuah titik di ruang angkasa yang mempunyai gravitasi sangat kuat sehingga bisa menghisap apapun, bahkan cahaya”. Kita tidak dapat melihat lubang hitam karena cahaya tidak dapat lepas darinya. Lubang Hitam mungkin terbentuk ketika sebuah bintang raksasa habis terbakar dan ditekan sangat kuat oleh gravitasinya sendiri, lalu semua materinya memampat jadi satu titik yang sangat kecil (yang disebut Singularitas) sebelum lenyap sama sekali.

Kategori:Astronomi Tag:
  1. Drez
    5 April 2012 pukul 10:41 PM

    thanks y infony…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: