Beranda > Software, Tutorial > Cara membuat MP3 Player anda sendiri

Cara membuat MP3 Player anda sendiri

Untuk membuat player mp3 ini kita membutuhkan software, namanya Progie MultiMedia Builder (MMB). Link:

Download Multi Media Builder (18,8 MB)

Setelah anda mendownload softwarenya, ikuti langkah berikut untuk membuatnya:

LANGKAH 1
Buka MMB dengan klik pada shortcut-nya di desktop, akan terlihat tampilan awal MMB. Bidang putih yang berada ditengah adalah lembar kerja kita. Disebelah kanan lembar kerja terdapat jendela Object List. Jendela ini nantinya akan berisi keterangan objek-objek yang terdapat di project kita. Sebelum bekerja lakukan penyimpanan project kita dengan menekan Ctrl+S atau dengan klik icon-nya di toolbar. Isikan nama project yang Anda inginkan, misalnya: MP3PlayerKu. Project akan disimpan dengan ekstensi “.mbd”.

LANGKAH 2
Pertama kita lakukan pengaturan umum untuk MP3 player yang akan kita buat. Pada toolbar klik Project – General Setting, akan muncul kotak dialog Project Setting. Pada form Quick Preset pilih ukuran dimensi 320 x 200. Pada form Window Tittle tuliskan judul MP3 player yang Anda inginkan, misalnya MP3PlayerKu. Beri tanda cek pada pilihan Standard Windows, kemudian klik OK.

LANGKAH 3
Selanjutnya untuk background kita akan menggunakan sebuah image. Masukkan image yang Anda inginkan. Klik Object – Bitmap, cari image yang telah Anda siapkan sebelumnya kemudian klik “Open”. bisa dikasih gambar anda sendiri, pacar atau desain gambar anda sendiri. Agar MP3 lebih cantik sebaiknya setelah dikasih BackGround, tambahlah dengan gambar animasi (*.GIF), caranya pilih Object – Animated GIF. Animasinya kasih yang bisa bergerak.

LANGKAH 4
Saat ini pada lembar kerja akan terlihat image tersebut. Lakukan beberapa penyesuaian. Anda bisa menggeser, memperbesar atau memperkecil image tersebut. Untuk melihat preview MP3 player kita klik kanan pada media kerja kemudian pilih “Test Current Page”. Untuk menutup preview klik pada tanda silang di pojok kanan atas. Perhatikan jendela Object List disebelah kanan lembar kerja, saat ini terdapat tulisan bitmap.

LANGKAH 5
Sekarang kita siap memasukkan tombol-tombol fungsi dalam MP3 player. Klik icon wizard yang bergambar tongkat ajaib di toolbar. Akan muncul drop down menu, klik pada pilihan [Insert MP3 Control]. Terlihat pada lembar kerja tombol-tombol fungsi seperti play, stop, pause dll. Terlihat pula indikator waktu dari lagu yang akan diputar. Letakkan MP3 Control ini pada lokasi yang Anda inginkan, caranya cukup drag and drop di tempat yang tepat.

LANGKAH 6
Agar lebih menarik besarkan font indikator waktu. Caranya klik dua kali pada indikator waktu atau bisa juga klik dua kali pada tulisan CBKTime di jendela Object List. Akan muncul kotak dialog Text Properties. Klik “Font” lalu pilih jenis font dan ukuran yang Anda inginkan kemudian klik tombol OK dua kali. Untuk mengubah warna font, klik pada segitiga di form “Color Interaction”, pilih warna yang Anda inginkan lalu klik OK.

LANGKAH 7
Lakukan juga langkah 6 untuk mengubah CBKTotal atau indikator panjang lagu yang akan sedang dimainkan. Atur letak kedua indikator waktu sehingga posisinya menjadi lebih menarik. Lakukan dengan drag and drop ke tempat yang Anda inginkan.

LANGKAH 8
Sekarang kita akan membuat teks yang menunjukkan judul lagu yang sedang dimainkan. Caranya klik icon “Aa” yang ada disebelah kiri lembar kerja, kemudian klik di lembar kerja. Akan muncul tulisan “Double click here…”. Klik dua kali pada tulisan tersebut maka akan muncul kotak dialog “Text Properties”. Pada form Label pilih “CBK_MP3Name”. Ganti tulisan Double click here.. dengan karakter “>” dalam jumlah banyak atau bisa juga dengan karakter lain sesuai keinginan Anda. Pemberian karakter “>” ini hanya bertujuan agar pada preview terlihat letak judul lagu tersebut. Anda juga bisa mengubah jenis font dan pilihan warnanya lakukan seperti pada langkah 6.

LANGKAH 9
Sekarang saatnya melakukan tes terhadap MP3 Player Anda. Klik kanan pada lembar kerja kemudian pilih “Test Current Page”. Akan muncul tampilan MP3 player Anda. Pada kontrol MP3 player klik tombol open yaitu tombol paling kanan. Akan muncul kotak dialog Open, cari file lagu yang akan Anda mainkan dan klik Open. Nah sekarang lagu tersebut pasti sudah terdengar, perhatikan juga apakah judul lagu sudah terlihat. Pastikan juga tombol-tombol kontrol lainnya bekerja dengan baik. Apabila tidak ada masalah tutup dulu test page ini dengan klik icon close yang ada di kanan atas. Jangan lupa untuk menyimpan project ini dengan tekan Ctrl+S.

LANGKAH 10
Agar MP3 player kita bisa dimainkan dan didistribusikan kita harus mengubah formatnya menjadi file yang bisa dieksekusi yaitu file berekstensi EXE. Caranya klik File – Compile, akan muncul kotak dialog “Check Project and Compile Output Files”. Klik tombol “Locate” akan muncul kotak dialog “Distribute Files”. Tentukan letak direktori file output, pada form File name tuliskan MP3PlayerKu. Terakhir klik Save.
LANGKAH 11
Sekarang MP3 player kita sudah siap dimainkan dan didistribusikan. Ukuran file yang dihasilkan tergantung image yang kita masukkan namun rata-rata 500Kb. Untuk menggunakan aplikasi ini klik dua kali pada file MP3PlayerKu.EXE. Selanjutnya MP3 player ini siap digunakan, buka file MP3 Anda dan mainkan sebuah lagu. Dijamin suaranya lebih bagus dari Winamp.

  1. 27 Juni 2010 pukul 3:54 PM

    nice info,,,🙂
    saran:sebaikny disertakan gambar biar lebih mudah gan,,,,🙂
    btw tukeran link bisa g!?!?!?
    http://jinkomet.wordpress.com/
    thx,,,

  2. 8 Juli 2010 pukul 8:16 PM

    Informasi yang sangat bermanfaat.. terimakasih

  3. 3 Desember 2013 pukul 4:53 AM

    I have been exploring for a little bit for any high quality articles or weblog posts on this kind of house .
    Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon
    this site. Reading this info So i am satisfied to convey that I
    have an incredibly good uncanny feeling I came upon exactly what I
    needed. I so much surely will make sure to do not fail to
    remember this website and give it a look on a relentless basis.

  4. 23 September 2014 pukul 1:35 PM

    hi!,I really like your writing so a lot! percentage we communicate extra approximately your post
    on AOL? I need a specialist in this house to unravel my problem.

    May be that’s you! Looking forward to look you.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: