Beranda > Info Pengetahuan, TechnoFlash > Shimizu manfaatkan Bulan sebagai ladang PLTS

Shimizu manfaatkan Bulan sebagai ladang PLTS

Sebuah perusahaan konstruksi di Jepang, Shimizu, membuat konsep mega proyek untuk menghasilkan energi listrik yang berlimpah bagi Bumi. Jika beberapa perusahaan Jepang berencana membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang di luar angkasa, maka mimpi mega proyek Shimizu adalah melapisi permukaan Bulan dengan ladang Panel Surya sebagai PLTS.

Proyek bernama Luna Ring tersebut menggambarkan adanya cincin yang akan mengelilingi permukaan Bulan. Cincin yang terbuat dari solar panel ini, tidak membutuhkan material dari Bumi melainkan memanfaatkan kandungan mineral dalam tanah yag ada di Bulan. Selain sebagai material untuk membuat sel surya, menurut Shimizu, sifat fisik dan kimia tanah di Bulan juga bisa dimanfaatkan sebagai Keramik, kaca, beton, bahkan bisa digunakan untuk menghasilkan Oksigen dan air.

Awalnya, lebar cincin nantinya hanya beberapa kilometer, tetapi bisa diperlebar hingga 400 kilometer dengan panjang 11.000 kilometer untuk menjamin energi surya tetap dapat terserap secara optimal. Listrik yang dihasilkan dari ladang panel surya akan dikirim melalui jaringan listrik ke sebuah fasilitas transmisi di sisi lain Bulan dan selalu mengarah ke Bumi.

Fasilitas Transmisi tersebut terdiri atas fasilitas pemancar microwave dengan diameter antena mencapai 20 kilometer serta proyektor laser. Fasilitas ini bertugas mengirimkan listrik yang dihasilkan melalui gelombang mikri dan laser yang diterima oleh fasilitas penerima yang ada di Bumi.

Menurut Shimizu, salah satu keuntungan terbesar dari Luna Ring adalah energi akan dihasilkan terus-menerus selama 24 jam. Pasalnya, tidak ada atmosfir yang membuat tidak adanya perubahan cuaca dan awan, yang dapat mengurangi efisiensi panel surya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: