Beranda > Biologi, Info Pengetahuan > Kentang bisa hasilkan Listrik

Kentang bisa hasilkan Listrik

Sebuah terobosan baru untuk mendapatkan energi listrik terbarukan dibuat oleh ilmuan-ilmuan di Yissum Research Development Company Ltd. Perusahaan yang berfungsi untuk mengomersialisasikan teknologi hasil riset Hebrew University di Jerusalem ini memperkenalkan baterai organik temuan mereka.

Uniknya, temuan hasil riset para peneliti di Hebrew University ini dibuat dari kentang. Kentang yang dimaksud memang telah mendapatkan perlakuan khusus guna meningkatkan kemampuannya dalam menghubungkan oksidasi dan reduksi dalam sel galvanik atau biasas disebut “Salt Bridge”.

 

Profesor Haim D Rabinowitch dari Robert H Smith Faculty of Agriculture Food and Environment dan Alex Golberg dari School of Computer Science and Engineering dari Hebrew University, bersama dengan Profesor Boris Rubinsky dari University of California di Berkeley, pada dasarnya bermaksud mempelajari proses elektrolitik yang terjadi pada organisme hidup untuk diterapkan pada berbagai aplikasi.

Dalam risetnya, mereka mendapati bahwa penggunaan seng dan tembaga yang dipasang pada kentang yang direbus, menghasilkan listrik hingga 10 kali lipat dibandingkan kentang yang tidak direbus. Dari hasil analisa biaya, batrai kentang bisa 5-50 kali lebih murah dari baterai komersial 1,5V.

Jika tertarik untuk mecobanya, silahkan melakukan sedikit eksperimen dengan berbagai jenis umbi-umbian atau buah-buahan. Karena, menurut para peneliti tersebut, semua bisa menghasilkan listrik, dengan syarat perlu diberikan perlakuan khusus terlebih dahulu agar bisa menghasilkan listrik yang cukup besar.

  1. 18 Oktober 2016 pukul 10:02 PM

    Volet Roulant Paris .Merci pour cet article

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: